Jaga Harga Beras, Karet, dan Kopi

Jaga Harga Beras, Karet, dan Kopi

Sumatera Ekxpres, 21 Maret 2018 : Hal 15, Kol 3

HD Akan Bentuk BUMD Agro Sumsel

          PALEMBANG – Ide brilian disampaikan calon gubernur Sumsel nomor urut 1, H. Herman Deru (HD). Di hadapan ratusan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) se-Sumsel, Minggu (18/3), HD menyam­paikan keinginannya mendi­rikan Badan Usaha Milik Dae­rah (BUMD) yang khusus membidangi masalah perta­nian. BUMD tersebut akan di­namai BUMD Agro Sumsel.

“Jika rakyat Sumsel mem­percayai HDMY (Herman Deru-Mawardi Yahya) untuk memimpin Sumsel, maka salah satu program strategis yang akan kami lakukan adalah mendirikan BUMD Agro Sum­sel BUMD ini khusus men­gurusi komoditas pertanian di Sumsel. Saya yakin bila dikelola dengan baik, BUMD Agro Sumsel nanti akan sama majunya dengan Bank Sum­sel Babel” papar HD.

Menurut HD, BUMD Agro Sumsel ini bertujuan antara lain menjaga stabilitas harga komoditas pertanian dan perkebunan lainnya yang sangat memengaruhi hajat hidup petani Sumsel. Se­perti karet, kopi, dan kelapa sawit. “Termasuk harga ke­butuhan pokok, seperti Beras, terigu, minyak goreng, dan lainnya, yang selama ini di­kendalikan tengkulak dan pasar bebas,” tegas HD.

Pengalamannya 10 tahun menjadi Bupati OKU Timur, sudah cukup memberikan pengetahuan dan pengalaman bagaimana peran Pemda mengendalikan harga beras. “Saya yakin keberadaan BUMD Agro Sumsel ini nanti akan dapat menolong petani dan masyarakat Sumsel pada umumnya” papar Ketua Fo­rum Daerah Penghasil Pangan ini. Gagasan itu sudah di­bahas secara mendalam dengan sejumlah pakar per­tanian, KTNA, dan asosiasi pedagang sembako di Pa­lembang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


seven + one =