OPTIMIS HARGA KARET NAIK

Seminar Inovasi : Masalah karet dikupas dalam seminar Inovasi Teknologi dan Pengembangan Kelembagaan Pemasaran Bokar Merespons Harga Karet Rendah.

Optimis Harga Karet Naik

Sumber : Sumatera Ekspres, Selasa, 16 April 2019 (Hal : 1-5 Kol 16)
        Banyuasin – Kendati harga karet saat ini dalam posisi rendah, tetapi Direktur Pusat Penelitian Karet, Dr. M. Supriadi optimis, harga karet akan mengalami kenaikan. “Kalau sudah rendah (turun, red), biasanya akan naik,” katanya ditemui usai seminar Inovasi Teknologi dan Pengembangan Kelembagaan Pemasaran Bokar Merespons Harga Karet Rendah di aula Balai Penelitian Sembawa, Senin.

Jika harga karet rendah, yaitu berada pada posisi US$ 1,3 atau US$ 1,4 per kg ini sangat merugikan petani. “Untuk menguntungkan petani karet, harga normal karet yaitu mencapai US$ 1,75 per kg. Prediksi Gapkindo, tak butuh waktu lama untuk naik. itu harapan kita,” tuturnya. Siklus penurunan harga karet biasanya berlangsung lima tahun, setelah itu meningkat. Tapi ini sudah mencapai tujuh tahun. “Skema menaikkan harga karet yaitu mengurangi ekspor karet, pemerintah memiliki kebijakan tingkatkan konsumsi harga karet alam domestik untuk aspal karet.”

 
        Untuk wilayah Banyuasin sendiri, harga karet cukup menjanjikan. Beberapa petani telah bergabung dengan Unit Pengelolaan Pemasaran Bokar (UPPB). Dalam seminar itu, dibahas juga upaya pengembangan kelembagaan pemasaran bokar melalui UPPB di SUmsel, yang disampaikan langsung Aprizal Alamsyah, S.Sos. Hadir dalam acara itu, Direktur Riset Pengembangan PT RPN, Dr. Gede Wibawa, Ketua Umum Gapkindo Pusat, Moenardji Soedarga, Dr. Tri Rapani Febbiyanti. (qda/ce2)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


eighteen + four =