SAPTABINA USAHA TANI KARET RAKYAT

–         Harga Rp 150.000,-

–         Tahun terbit : 2012

–         Edisi : kelima

–         Dimensi : lebar : 17.2 cm, panjang : 24.5 cm, tebal : > 125 halaman. bobot : 385 gram. Full color.

–         Isi : 7 bab yang terdiri dari :

1.      Produksi Bahan Tanam.  Pada bagian ini dibahas bagaimana membuat bibit karet okulasi yang baik dan benar setahap demi setahap.

2.      Persiapan Lahan dan Penanaman.  Pada bab ini dibahas tentang bagaimana cara membuka lahan berdasarkan asal lahan untuk perkebunan karet yang dilanjutkan dengan penanaman karet dan pemeliharaan awal.

3.      Pola Tanaman Sela. Tanaman karet umumnya baru dapat disadap setelah umur 5 th.  Selama waktu tunggu tersebut petani dapat memanfaatkan areal di antara gawangan tanaman karet dengan mengusahakan tanaman sela berupa tanaman padi, palawija, hortikultura, maupun tanaman lainnya. Bab ini menyampaikan teknologi pengelolaan berbagai tanaman sela di antara karet.

4.      Pemeliharaan Tanaman.  Pemeliharaan tanaman yang terdiri atas pemupukan, pengendalian gulma dan pengendalian penyakit, serta pengobatannya baik pada masa TBM maupun TM dibahas pada bab ini.

5.      Penyadapan. Pada bab ini  dibahas bagaimana dan apa yang harus disiapkan sebelum melakukan penyadapan yang baik dan benar tanpa mengganggu kesehatan tanaman, sehingga penyadapan dapat berkesinambungan.

6.      Pengolahan.  Pada bagian ini  disampaikan bagaiamana pengolahan lateks kebun sampai terbentuk BOKAR dan penyimpanan BOKAR untuk dapat dijual atau disimpan.

7.      Pemasaran Bokar.  Bokar merupakan bahan baku pabrik karet remah yang dipasok oleh pedagang-pedagang yang langsung berhubungan dengan petani. Rantai pemasaran yang digunakan akan mempengaruhi tingkat efisiensi yang akhirnya berakibat pada besarnya penerimaan petani. Bagaimana proses pemasaran bokar yang lebih efisien dibahas pada bab VII ini.

 

Pengelolaan Bahan Tanam Karet

–        Harga Rp 50.000,-

–         Tahun terbit : 2009

–         Edisi : ketiga

–         Dimensi : lebar : 17.2 cm, panjang : 24 cm, tebal : > 60 halaman, bobot : 150 gram. Full color

–         Isi : 6 bab yang terdiri dari

1.      Pengenalan Klon dan Pengelolaan Entres.  Pada bab ini dibahas tentang jenis klon anjuran, pedoman umum untuk identifikasi klon dan pedoman pembangunan kebun entres.

2.      Pengelolaan Benih untuk Batang Bawah.  Tidak semua klon karet bijinya dapat digunakan untuk batang bawah dan biji karet mempunyai sifat rekalsitran, sehingga harus cepat dan tepat pengelolaannya.  Pada bab ini dibahas mulai  dari jenis klon yang bijinya dapat digunakan untuk batang bawah, sumber-sumber benih dan bagaimana pengelolaan yang harus dilakukan untuk mempertahankan daya kecambah benih.

3.      Pengujian Mutu Benih untuk Batang Bawah.  Untuk mendapatkan benih yang bermutu maka benih harus dilakukan pengujian.  Berbagai teknik pengujian mutu disampaikan pada bab ini.

4.      Pembangunan Batang Bawah.  Untuk mendapatkan bibit yang baik diawali dengan pembangunan pembibitan batang bawah.  Pada bab ini dibahas mulai dari persiapan lahan sampai dengan pemeliharaan batang bawah untuk mencapai matang okulasi.

5.      Produksi Bahan Tanam Karet.  Sampai saat ini bibit karet yang digunakan sebagai bahan tanam berupa bibit okulasi antara batang bawah dari biji yang ditempel dengan mata yang berasal dari kebun entres.  Bab ini meyampaikan teknik okulasi sampai dengan menghasilkan bibit hasil okulasi dengan berbagai bentuk.

6.      Analisis Ekonomi Usaha Pembibitan Karet.  Keperluan akan bibit waktu yang akan datang semkin tinggi, sehingga usaha pembibitan karet merupakan bisnis yang menjanjikan.  Pada bab ini disampaikan analisis ekonomi dalam usaha pembibitan.

 

100 LANGKAH BIJAK USAHATANI KARET

–         Harga Rp 50.000,-

–         Tahun terbit : 2009

–         Penyusun : Khaidir Amypalupy

–         Edisi : pertama

–         Dimensi : lebar : 13 cm, panjang : 17 cm, tebal : 96 halaman. bobot : 106 gram. Full color

–         Isi buku :

Buku ini merupakan bentuk ringkas dari buku Saptabina Usahatani Karet Rakyat yang diperkaya dengan pengalaman lapang penulisSebagaimana dengan sumbernya, buku ini diawali dengan syarat tumbuh dan pembukaan lahan serta diakhiri dengan pemasaran, hanya saja dalam dalam setiap pokok bahasan disusun dengan pemberian nomor dari satu sampai seratus.

 

PROSIDING SEMINAR SEHARI

“STRATEGI DAN KEBIJAKAN MENDUKUNG AKSELERASI REVITALISASI PERKEBUNAN KARET DI SUMATERA SELATAN”

–         Harga Rp 100.000,-

–         Tahun terbit : 2008

–         Dimensi : lebar : 17.2 cm, panjang : 24.5 cm, tebal : 139 halaman. Full color

–         Isi buku :

Buku ini merupakan kumpulan makalah yang dibahas pada saat seminar sehari di Balai Penelitian Sembawa sekaligus dalam rangka peringatan Ulang Tahun Balai Penelitian Sembawa yang ke 26, pada April 2008.

Pada seminar ini telah dibahas beberapa makalah yang berkaitan dengan program Revitbun yang meliputi : Prospek karet alam, Strategi dan kebijakan program Revitbun di Sumatera Selatan, Strategi dan kebijakan BPN, Sinkronisasi kebijakan Dinas Kehutanan, Sinergis BRI sebagai penyalur kredit, Strategi penyediaan bibit dan diakhiri dengan implementasi program Revitbun dan akselerasinya.

 

PENYAKIT TANAMAN KARET DAN PENGENDALIANNYA

–         Harga Rp 50.000,-

–         Tahun terbit : 2009

–         Penyusun : A. Situmorang, A. Budiman, H. Suryaningtyas, T.R. febbiyanti dan M. Munir

–         Edisi : keempat

–         Dimensi : lebar : 12.5 cm, panjang : 17cm, tebal : 88 halaman, bobot :97 gram. Full color

–         Isi buku :

Buku ini menyampaikan beberapa penyakit penting pada tanaman karet,  yang menyerang pada daun, cabang, batang, dan akar. Setiap jenis penyakit diuraikan penyebab, gejala, cara penularan dan tindakan pengobatannya Selain itu juga disampaikan beberapa teknis pengendaliannya agar tidak terjadi serangan yang lebih serius.

 

POLA USAHATANI KARET TERPADU

–         Harga Rp 15.000,-

–         Tahun terbit : 2009

–         Penyusun : M Jahidin Rosyid

–         Edisi : kedua

–         Dimensi : lebar : 14.5 cm, panjang : 15cm, tebal : 28 halaman, bobot : 57 gram.. Full color

–         Isi buku :

Tanaman karet umumnya baru dapat dipanen pada umur 5-6 tahun yang disebut sebagai masa TBM.  Selama waktu tersebut tanaman memerlukan pemeliharaan yang intensif terutama dalam pengendalian gulma.

Tiga tahun pertama sejak karet ditanam, petani masih memungkinkan memanfaatkan gawangan diantara karet dengan menanam berbagai tanaman seperti pangan, hotikultura dan palawija.

Buku ini menyampaikan teknologi penanaman tanaman sela diantara karet sampai dengan analisis ekonominya.  Selain itu juga disampaikan usahatani ternak (ayam dan sapi) sebagai salah satu usaha alternative yang mendukung pola usahatani terpadu, sampai dengan analisis ekonominya

 

PENYAKIT JAMUR AKAR PUTIH

–         Harga Rp 15.000,-

–         Tahun terbit : 2009

–         Penyusun : A. Situmorang, A. Budiman, H. Suryaningtyas, T.R. febbiyanti dan M. Munir

–         Edisi : pertama

–         Dimensi : lebar : 14.5 cm, panjang : 15cm, tebal : 20 halaman, bobot : 44 gram.. Full color

–         Isi buku :

Penyakit Jamur Akar Putih (JAP) yang disebabkan oleh jamur  Rigidoporus microporus merupakan salah satu penyakit akar yang dapat menimbulkan kerusakan pada pertanaman karet, bahkan menimbulkan kematian tanaman dalam waktu yang relatif singkat. Dalam buku dibahas khusus tentang penyakit JAP mulai dari gejala penyakit, penyebab utama, penularan dan faktor-faktor yang memicu terjadinya serangan sampai dengan pencegahan dan pengobatan pada tanaman yang sudah terlanjur terserang.

 

PERSIAPAN LAHAN DAN PENANAMAN KARET DI LAPANG

–         Harga Rp 15.000,-

–         Tahun terbit : 2009

–         Penyusun : I. Boerhendhy dan H Suryaningtyas

–         Edisi : pertama

–         Dimensi : lebar : 14.5 cm, panjang : 15 cm, tebal : 32 halaman, bobot : 62 gram. Full color

–         Isi buku :

Dalam usahatani karet, selain faktor benih yang digunakan, ada dua hal utama yang mempengaruhi keberhasilan usahatani ini, yaitu teknologi penyiapan lahan dan penanaman di lapang.  Kedua teknologi ini dibahas secara mendalam dalam buku ini. Berbagai teknologi penyiapan lahan dibahas dalam buku ini, karena pembukaan lahan yang tepat dan baik akan memudahkan pemeliharaan selanjutnya dan lebih efisien.  Teknologi penanaman dibahas mulai dari persiapan tanam sampai dengan teknologi pembentukan cabang.

 

PENGOLAHAN BAHAN OLAH KARET

–         Harga Rp 15.000,-

–         Tahun terbit : 2010

–         Penyusun : D. Suwardin, M. Solichin, R. Raswil, A.M. Santosa dan A. Anwar

–         Edisi : pertama

–         Dimensi : lebar : 14.5 cm, panjang : 15 cm, tebal : 28 halaman, bobot : 60 gram. Full color

–         Isi buku :

Mutu bahan olah karet (Bokar) sangat menentukan daya saing karet alam Indonesia di pasar internasional.  Mutu bokar yang baik akan menjamin kesinambungan permintaan pasar dalam jangka panjang.  Mutu bokar yang baik dicerminkan dengan Kadar Karet Kering (KKK) dan kebersihannya. Buku ini diawali dengan membahas penanganan lateks, dan bagaimana menentukan nilai KKK dengan berbagai metoda.   Selain itu juga disampaikan berbagai bentuk dan jenis bokar serta cara pengolahannya.

 

REKOMENDASI PEMUPUKAN TANAMAN KARET

–         Harga Rp 15.000,-

–         Tahun terbit : …

–         Dimensi : lebar : 14.5 cm, panjang : 15 cm, tebal : 12 halaman, bobot : 30 gram. Full color

–         Isi buku :

Pada saat ini pemupukan tanaman karet merupakan suatu hal yang penting dilakukan, lebih-lebih dengan digunakan klon-klon unggul yang produktivitas tinggi.  Dengan klon yang berproduksi tinggi maka diperlukan tambahan unsur hara melalui pemupukan. Pada buku ini dibahas tentang tujuan pemupukan, gejala tanaman yang memerlukan pemupukan, dosis dan cara pemupukan dengan berbagai kondisi dan stadia tanaman karet.

PROSIDNG SEMINAR PEMUPUKAN

Harga jual : Rp 100.000

Tahun terbit : 2010

Dimensi : 18 cm x 25.8 cm, tebal : 168 halaman

Isi : 13 makalah yang disajikan pada Seminar Pupuk tanggal 27-28 Juli 2010

Seminar dibuka oleh : Wakil Gubernur Sumatera Selatan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


3 × 1 =